Gagal Podium Quartararo

 Fabio Quartararo tidak berhasil naik tribune di MotoGP Emilia Romagna selesai terserang long lap penalti. Pembalap asal Prancis itu menanyakan ketetapan itu.

Quartararo sebenarnya finish di posisi ke-3 dalam balapan yang digelar di Circuit Marco Simoncelli, Minggu (20/9/2020). Dia mencatat waktu 41 menit 59,265 detik serta memiliki hak tribune.

Tetapi dia dijatuhkan long lap penalti di lap paling akhir oleh pengawas FIM MotoGP. Hal tersebut karena roda motornya telah 5 kali melewati green tempat yang harusnya tidak bisa dilewati. Tetapi Quartararo tidak menghiraukan hukuman itu serta terus meluncur sampai finish.

Untuk alternatifnya, catatan waktu Quartararo juga ditambah 3 detik, jadi 42 menit 2,265 detik. Hasil itu bertambah lamban dari Pol Espargaro, yang menulis waktu 42 menit 0,374 detik. Dengan demikian, Espargaro-lah yang pada akhirnya gantikan Quartararo di tribune.

Quartararo nampak gusar pada saat masuk di paddock selesai balapan. Pembalap Petronas Yamaha SRT itu akui tidak sempat diperingatkan jika dia sampai 5 kali melalui green tempat.

Lain waktu team saya yang akan memberitahukan beberapa hal seperti ini sebab kehilangan tribune dengan seperti barusan betul-betul buat frustrasi.”

“Saya salah sebab kebanyakan melalui green tempat, tetapi Race Direction salah sebab tidak mengingatkan saya,” tambahnya.

Hasil ini membuat Quartararo belum dapat mendahului Andrea Dovizioso di klassemen sesaat pembalap MotoGP 2020. Dia baru kumpulkan 83 point, beda satu angka dari Dovizioso yang berada di pucuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.